Deretan Makanan Khas Pulau Kalimantan Yang Menggugah Selera

Deretan Makanan Khas Pulau Kalimantan Yang Menggugah Selera

Deretan Makanan Khas Pulau Kalimantan Yang Menggugah Selera – Selain berkunjung ke tempat wisata, tidak jarang tujuan orang mendatangi Pulau Kalimantan adalah untuk mencoba mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Pasalnya makanan khas dari Kalimantan terkenal memiliki cita rasa enak sehingga membuat siapapun yang mengkonsumsinya akan merasa ketagihan. Lalu apa saja makanan khas dari pulau Kalimantan itu?

Rekomendasi Makanan Khas Kalimantan Yang Wajib Dicoba

Sama halnya dengan daerah-daerah di pulau Jawa, Di Kalimantan juga terdapat beragam makanan khas yang bisa dicoba ketika mengunjunginya. Di mana keunikan dari makanan khas Kalimantan ialah bahan utamanya berasal dari sumber daya alam wilayah tersebut. Daripada semakin penasaran langsung saja berikut beberapa daftar makanan khas kalimantan yang bisa Anda cicipi.

  • Soto Banjar

Soto banjar menjadi salah satu makanan khas Pulau Kalimantan yang sangat terkenal hingga penjuru Indonesia. Bahkan saking terkenalnya membuat makanan ini sangat mudah ditemukan di berbagai kota di pulau Jawa dan Sumatera. Untuk bahan utamanya soto banjar terbuat dari ketupat yang disiram dengan kuah, lalu ditambah suwiran ayam di atasnya. Karakteristik dari soto banjar ini yaitu mempunyai kuah yang kental dan warnanya agak keruh. Hal itulah yang membedakannya dengan soto- soto lainnya.

  • Mie Kepiting Pontianak

Mie kepiting Pontianak merupakan kuliner khas dari pulau Kalimantan bagian barat. Makanan khas Kalimantan ini terdiri dari bakmi, potongan kepiting, kecambah, pangsit goreng, bakso, udang dan ikan. Untuk harganya sendiri dibanderol sangatlah terjangkau sehingga tidak perlu khawatir akan menguras isi dompet. Sedangkan untuk teksturnya mie kepiting Pontianak ini adalah lembut. Makanan ini sangat cocok dikonsumsi ketika sore hari.

  • Bubur Pedas

Makanan khas Kalimantan Barat ini berbeda dengan bubur pada umumnya. Hal itu dikarenakan di dalamnya berisi banyak sayur mayur yang menyehatkan untuk tubuh. Di daerah asalnya sendiri bubur pedas ini sering dijadikan sebagai makanan untuk sarapan ketika pagi hari. Makanan khas Kalimantan Barat ini akan semakin nikmat jika disantap bersama dengan ikan teri dan perasan jeruk nipis. Meskipun memiliki nama bubur pedas namun untuk tingkat kepedasannya tidak terlalu pedas. Sama halnya dengan makanan-makanan di atas harga yang dibanderol untuk bubur pedas tersebut tidaklah terlalu mahal.

  • Pepes Kepiting Soka

Umumnya pepes terbuat dari daging ikan atau sapi. Namun siapa sangka di pulau Kalimantan terdapat makanan khas berupa pepes yang berasal dari kepiting. Sedangkan untuk bumbunya pepes kepiting soka ini berupa cabe rawit, cabe merah, serai dan kemangi yang kemudian dibungkus menggunakan daun pisang. Setelah dibungkus pepes tersebut akan dikukus hingga matang. Kemudian barulah dibakar di atas bara api sehingga bisa menghasilkan aroma yang mengundang selera. Biasanya pepes kepiting ini disajikan bersama nasi putih.

  • Kalumpe

Makanan khas Kalimantan berikutnya yang wajib Anda coba ketika mengunjungi tempat tersebut adalah kalumpe. Kalumpe sendiri merupakan kuliner khas dari suku Dayak di Kalimantan tengah yang bahan dasarnya terbuat dari daun singkong. Sebelum dimasak nantinya daun singkong akan ditumbuk hingga halus. Sedangkan untuk kuahnya menggunakan santan yang dicampur dengan bumbu rempah. Adapun beberapa bumbu rempah yang digunakan seperti bawang putih, bawang merah, serai, kayu manis dan lengkuas. Umumnya sebagai pelengkapnya masyarakat sekitar akan menambahkannya dengan terong kecil dan taburan kacang tanah. Makanan khas Kalimantan Timur ini sangat cocok disantap bersama dengan nasi hangat dan sambal terasi.

  • Klepon Martapura Kalimantan

Cemilan khas Kalimantan ini berbeda dengan klepon pada umumnya. Hal itu dikarenakan klepon Martapura Kalimantan memiliki ukuran yang lebih kecil selain itu teksturnya juga sangat kenyal. Umumnya masyarakat sekitar menyajikan cemilan ini ketika mengadakan hajatan seperti pernikahan atau syukuran. Untuk rasanya sendiri klepon Martapura Kalimantan ini ialah manis gurih. Di mana rasa gurihnya itu berasal dari parutan kelapa yang digunakan untuk toppingnya. Cemilan khas Kalimantan ini sangat cocok disantap ketika sore hari bersama dengan teh hangat.

  • Bingka Kalimantan

Kue khas Kalimantan Selatan yang cukup populer yaitu bingka. Bingka Kalimantan memiliki tekstur yang lembut dan sedikit lembek. Sedangkan untuk cita rasanya yaitu manis. Dulunya makanan khas Kalimantan ini hanya disajikan ketika ada acara acara formal seperti pernikahan. Namun seiring berkembangnya zaman sekarang bisa dinikmati kapan saja dan di mana saja. Untuk bahannya kue ini terbuat dari tepung terigu, santan, garam, telur dan gula pasir. Nantinya adonan kue bingka yang sudah jadi akan dicetak menggunakan cetakan bentuk bunga. Dikarenakan makanan khas Kalimantan ini bisa tahan lama maka dapat digunakan untuk dijadikan buah tangan bagi keluarga tercinta di rumah.

  • Chai Kew

Makanan khas Kalimantan berikutnya dan sudah sangat terkenal di berbagai daerah yaitu Chai Kew. Chai Kew sendiri merupakan cemilan yang mirip dengan siomay. Namun yang membedakannya yaitu makanan khas Kalimantan ini menggunakan isian berupa sayuran. Sedangkan untuk kulitnya terbuat dari tepung beras atau sagu. Hal itulah yang membuat Chai Kew menjadi kenyal dan licin. Biasanya masyarakat sekitar menyantap makanan khas Kalimantan ini bersamaan dengan saus tomat maupun sambal. Untuk harganya sendiri bisa dibilang sangatlah terjangkau dan ramah di kantong.

  • Ayam Cincane

Jika di Bali makanan khasnya berupa ayam betutu, berbeda di Kalimantan yang mana terdapat juga makanan khas dari bahan ayam yang bernama cincane. Untuk memasaknya ayam cincane ini dilakukan dengan cara dibakar di atas bara api. Sedangkan untuk bumbunya menggunakan bumbu merah yang terdiri dari lengkuas, cabai, kemiri dan lain-lain. Cita rasa yang terdapat dalam makanan khas Kalimantan ini yaitu gurih manis dengan tekstur lembut pada ayamnya. Biasanya hidangan ini disajikan ketika acara-acara besar seperti pernikahan, kelahiran dan upacara adat. Meskipun begitu saat ini telah banyak warung makan yang menjual ayam cincane tersebut.

Ketika berkunjung ke pulau Kalimantan pastikan jika telah membeli salah satu dari menu makanan di atas. Hal itu dikarenakan makanan-makanan di atas memiliki cita rasa yang bisa menggoda lidah siapapun. Selain itu harganya juga dibandrol sangatlah terjangkau.